Sistem IPAL Terpusat

Sebagai sistem pengolahan air limbah yang menggunakan suatu jaringan perpipaan, IPAL terpusat memiliki sebutan lain yaitu off-site system yang berfungsi menampung dan mengalirkan air limbah ke suatu tempat yang telah ditentukan untuk selanjutnya dapat melalui proses pengolahan. Sehingga dapat dikatakan bahwa instalasi pengolahan air limbah terpusat ini menampung berbagai limbah yang terkumpul dari banyak tempat.

Biasanya sistem pengolahan air limbah terpusat ini digunakan di tengah pemukiman. Cara penyaluran limbah tersebut dengan melalui pipa-pipa yang telah ditanam di bagian bawah tanah rumah milik penduduk. Sehingga ketika telah terkumpul dalam satu sistem IPAL maka limbah-limbah perumahan tersebut siap dikelola.

Sistem ini pada umumnya memiliki empat tahapan dalam proses pengolahan limbah yang dilakukan, yaitu pengolahan awal atau pre treatment, pengolahan tahap pertama atau primary treatment, pengolahan tahap kedua atau secondary treatment, pengolahan tahap akhir atau tertiary treatment.

Seperti IPAL lainnya, IPAL terpusat ini juga dapat mengolah air limbah yang mengandung senyawa organik, senyawa organik ini pada umumnya akan diolah menggunakan teknologi pengolahan air limbah secara biologis atau dapat dikakan gabungan antara proses kimia-fisika. Adapun pembagian dari proses biologis ini adalah keadaan aerobik atau pengolahan dengan udara dan anaerobik atau pengolahan tanpa udara.

Untuk keadaan aerobic biasanya dapat digunakan untuk beban BOD yang tidak terlalu besar sedangkan keadaan anaerobic digunakan untuk beban BOD yang tinggi. Namun dalam proses pengolahan air limbah dua keadaan tersebut juga dapat digabung menjadi satu agar dapat menanggung beban BOD yang lebih besar lagi.

Dalam sistem IPAL terpusat ini ada beberapa kriteria yang ditetapkan untuk memilih proses yang tepat, pertama dimulai dari menimang apakah efesiensi dari pengolahan dapat mencapai standar baku mutu airĀ  limbah yang telah ditentukan. Kedua dinilai dari segi pengelolaan yang seharusnya mudah. Ketiga melihat dari lahan yang diperlukan seharusnya tidak terlalu luas.

Keempat dapat dipertimbangkan dengan memahami bahwa penggunaan energi sebisa mungkin rendah. Kelima biaya operasional rendah. Keenam mengusahakan untuk menghasilkan lumpur yang lebih sedikit. Ketujuh, memikirkan proses mana yang dapat menanggung beban BOD besar.

Kedelapan, berusaha mempertimbangkan proses yang dapat menghilangkan padatan terssuspensi (SS) air limbah dengan baik. Kesembilan, berusaha memilih proses mana yang dapat menghilangkan kandungan amoniak sampai dapat mencapai standar baku mutu yang telah berlaku, dan. Terakhir, memilih proses mana yang dapat dirawat dengan mudah serta sederhana.

Pada dasarnya, keberadaan instalasi pengolahan air limbah terpusat ini telah diwajibkan oleh pemerintah indonesia bagi orang atau badan usaha yang melakukan pembuangan air limbah menggunakan media lingkungan atau jaringan perpipaan sistem terpusat dan sebelum itu mereka wajib melakukan pengolahan pendahuluan.

Berkaitan dengan pemeliharaan jaringan perpipaan sistem instalasi pengolahan air limbah terpusat ini, secara keseluruhan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Dilakukan dengan mengadakan agenda pemeriksaan jaringan, penggelontoran limbah yang masih tersisa dalam pipa jaringan, pelumpuran, penggantian komponen pipa jaringan, beserta perawatan IPAL.

Sedangkan untuk pemantauan sistem IPAL terpusat, ini juga menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Pemantauan tersebutĀ  dapat dilakukan untuk mengetahui kendala yang mungkin terjadi pada jaringan, seperti apa kualitas air limbah yang masuk ke dalam jaringan perpipaan.

Seperti apa kualitas air limbah domestik yang masuk ke dalam instalasi pengolahan air limbah, seperti apa kualitas air limbah dari IPAL yang dibuang ke badan penerima serta seperti apa kualitas air tanah yang beradadi sekitar IPAL. Semuanya harus memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan.

Dari seluruh penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa sistem IPAL terpusat merupakan hal yang penting dan sudah seharusnya mulai dibangun di tengah masyarakat. Mengingat saat ini sudah banyak pula jasa pembuatan IPAL yang berdiri, sehingga untuk membuat IPAL bukan lagi hal yang terlalu sulit dilakukan demi menjaga kesehatan lingkungan.