Membeli Produk Digital

Tips Membeli Produk Digital yang Tepat

Produk digital seperti ebook, theme, software, desain saat ini banyak dicari tidak hanya untuk sekedar hiburan namun juga untuk belajar. Agar Anda bisa mendapatkan produk yang tepat, teliti dalam membeli harus diterapkan. Agar tidak salah dalam membeli, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu apa itu produk digital.

Pengertian

Produk digital atau yang biasa disebut dengan e-produk merupakan produk yang berbentuk elektronik dan biasanya diperjualbelikan secara online. Jenis produk ini disimpan dan dipergunakan menggunakan perangkat elektronik, misalnya smartphone.

Beberapa jenis produk tersebut yaitu:

  • Aplikasi
  • Buku elektronik atau e-book.
  • Lagu atau musik.
  • e-ticket
  • Tema WordPress

6 Tips dalam Memilih

Sebelum Anda menggunakan produk digital, maka Anda harus memilih dan kemudian membeli terlebih dahulu. Setidaknya terdapat 6 cara memilih produk digital yang bisa Anda lakukan.

Ketahui Kebutuhan Anda

Sebelum membeli, Anda harus tahu lebih dahulu apakah produk tersebut berguna. Anda bisa cek tentang fungsi dari produk tersebut. Dengan begitu, Anda mendapatkan produk digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kiat membeli produk digital ini juga bertujuan untuk menahan diri Anda dari sifat konsumtif. Bisa saja Anda membelinya hanya karena ingin/emosi sesaat dan bukan karena butuh.

Ketahui siapa Pembuatnya

Jika Anda hendak membeli, cek lebih dahulu siapa pembuatnya. Bahkan jika perlu, Anda juga harus mengecek rekam jejak dari pembuatnya. Bisa jadi, pembuat produk tersebut belum ahli dan hanya menuliskan atau membuat produk dengan seenaknya.

Misalnya untuk aplikasi. Jika produk tersebut tidak dibuat dengan benar, tingkat keamanannya juga rendah, Akibatnya, aplikasi tersebut akan dengan mudah diserang virus.

Bila diinstal di smartphone Anda, bukan tidak mungkin jika virus masuk dalam ponsel lewat aplikasi tersebut. Jadi, sebisa mungkin, pilih produk digital yang jelas dan ahli dalam membuatnya.

Cek Penjualnya

Selain pembuat, Anda juga harus mengecek siapa penjualnya. Pastikan jika penjual produk digital seperti ebook panduan kursus online bukan penjual fiktif. Anda bisa mengecek dengan meneleponnya ataupun mengecek informasi lain seperti blognya,

Jangan sampai Anda sudah transfer hingga jutaan rupiah namun produk tidak diperoleh karena penjualnya fiktif. Jadi, pilih penjual yang terpercaya yang memiliki informasi yang jelas seperti kontak.

Cek Harga

Membandingkan harga juga perlu Anda lakukan sebelum Anda membeli suatu produk. Cek apakah produkĀ  tersebut memiliki harga yang wajar atau tidak. Hindari membeli yang terlalu murah ataupun terlalu mahal.

Misalnya, e-tiket kereta api untuk Joglosemarkerto jurusan Semarang normalnya adalah Rp 65.000. Namun, ada yang menjual seharga Rp 200.000. Agar tidak tertipu atau terkena phising, sebaiknya Anda tidak membeli produk tersebut.

Review

Perhatikan siapa yang memberikan testimoni atas produk tersebut. Ini karena banyak testimoni yang dibuat sendiri oleh penjual. Tujuannya adalah agar produknya terlihat terpercaya.

Jika dalam testimony tersebut disertakan situs yang bersangkutan, Anda bisa mengecek situsnya utuk bertujuan untuk tahu validitas produk dan penjual.

Perhatikan, apakah mengarah ke domain parking atau tidak. Jika iya, maka hindari membeli di tempat tersebut karena validitasnya tidak terjamin.

Hati-Hati dengan Sales Letter

Sales letter memang dipergunakan agar orang yang melihat produk tersebut tertarik dan kemudian membelinya. Namun, agar Anda tidak tertipu, misalnya ditarik uang tambahan, maka Anda harus cermat mencermati sales letter tersebut. Jika Anda merasa bingung atau kurang yakin, ada baiknya menanyakan langsung ke penjual.

Itulah cara memilih sebelum Anda membeli produk digital agar tidak salah. Dengan begitu, Anda mendapatkan hal yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini membantu Anda!