Manfaat Pemrograman Komputer

Banyak teknologi yang kita nikmati saat ini adalah hasil dari pemrograman komputer. Teknologi yang memungkinkan kita untuk memanfaatkan dan menikmati Internet, komputer desktop dan laptop, ponsel, video game, bahkan yang menjalankan proses otomatis di rumah, kantor, bank, dan bandara tersedia berkat kejeniusan pemrograman komputer. Namun, penggunaan pemrograman komputer tidak terbatas pada ini saja. Ini sebenarnya memiliki banyak manfaat, seperti:

Ini memungkinkan pemrogram untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang komputer.

Komputer dijalankan oleh program. Tanpa program, komputer hanyalah baja, plastik dan paduan, pada dasarnya tidak berguna. Dengan latar belakang pengetahuan dalam pemrograman, membuatnya lebih mudah untuk memahami cara kerja komputer, yang membantu pengguna melihat peralatan lebih dari sekadar alat.

Pemahaman yang lebih baik tentang komputer juga memungkinkan pengguna untuk menentukan bagaimana dan mengapa sistem, yang membantu mereka menjadi lebih efektif dalam menggunakan peralatan. Mengetahui cara kerja program memudahkan untuk memahami batasannya, seperti apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan. Ini membantu pengguna mempertahankan ekspektasi realistis tentang komputer dan mempelajari cara memaksimalkan peralatan mereka.

Pemrogram dapat membuat program yang lebih baru dan lebih berguna.

Pemrograman komputer bertanggung jawab untuk membuat program yang sangat berharga. Sistem operasi, misalnya, jantung dan jiwa setiap komputer, terdiri dari ribuan, bahkan jutaan program yang lebih kecil. Jika Anda memiliki keterampilan yang tepat dalam pemrograman komputer, akan mudah untuk benar-benar membangun program dari awal dan membuat alat yang sangat berguna yang dapat digunakan di berbagai bidang atau industri.

Pemrogram dapat memperbaiki bug dalam suatu program.

Latar belakang dalam pemrograman komputer akan memungkinkan Anda untuk melihat program yang bermasalah dan melakukan lebih dari sekadar duduk tak berdaya. Jika ada kesalahan atau bug dalam program, akan mudah bagi individu yang terlatih untuk melihat sistem, mendeteksi dan menemukan masalah dan membuat koreksi yang diperlukan. Menguji program kemudian akan lebih mudah setelah Anda memahami apa masalahnya.

Ini memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan program yang ada.

READ  Pengklasifikasian Jalan Menurut Fungsinya

Memodifikasi program adalah bidang programmer yang berurusan dengan aplikasi khusus. Pemrogram komputer, terutama mereka yang memiliki pelatihan dan pengalaman, dapat melihat program yang ada dan menentukan apakah program tersebut memiliki komponen yang diperlukan untuk menjadi program yang sangat optimal. Jika tidak, mereka dapat memodifikasi program dan memperbaikinya, membuat versi yang lebih baru dan lebih baik. Ini biasanya dilakukan jika program bermasalah atau jika ada bug di sistem.

Ini memberikan programmer cara yang lebih kreatif untuk menghibur.

Ada pasar yang sangat besar untuk permainan dan bentuk hiburan lain yang dapat didukung oleh pemrograman komputer. Video game, game seluler, animasi, grafik, dan jenis file baru adalah hasil pemrograman.

Pemrograman komputer adalah karier yang mengasyikkan.

Bagi individu yang mencari masa depan yang cerah dalam teknologi informasi, pemrograman komputer adalah jalur karir yang sangat baik untuk diikuti. Menurut angka yang diperkirakan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja, bidang ilmu komputer akan terus berkembang. Kebutuhan programmer, misalnya, diperkirakan meningkat lebih dari 70% pada tahun 2010, yang lebih dari 50% peningkatan jumlah yang dibutuhkan saat ini.

Pemrograman komputer dan masa depan

Salah satu manfaat paling menarik dari pemrograman komputer adalah ia menawarkan kepada kita sekilas masa depan. Kemungkinan yang ditawarkan saat ini, seperti CGI, teknologi otomatis suara, kecerdasan buatan, program yang lebih canggih, dan sejenisnya hanyalah beberapa hal yang dapat kami harapkan. Dengan pemrograman komputer, banyak aspek kehidupan kita menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih aman, dan jauh lebih menarik.

Rerfrensi : Kelas PLC