gejala virus corona dan penanganannya

Gejala dari Virus Corona dan Cara Penanganannya

Pandemik Covid-19 atau Korona yang menyebar di seluruh dunia membuat hampir seluruh aktivitas hidup manusia terkendala. Tidak hanya dari sisi ekonomi saja, tetapi juga dari sisi pendidikan, pemerintahan, bahkan hajat hidup setiap orang. Pandemik yang menyebar di awal tahun 2020 ini benar-benar tidak terbayangkan, dapat membuat sebagian besar aktivitas masyarakat dunia terhenti.

Seperti yang sudah banyak diketahui, virus ini merupakan kerabat dekat dari SARS, sebuah virus muncul dari hewan, biasa disebut penyakit zoonosis, yang dulu sempat muncul di Indonesia pada sekitaran tahun 2002 lalu. Sama-sama berasal dari Cina, SARS tidak terlalu memakan banyak korban jiwa di Indonesia, karena penanganan yang tepat serta cepat. Tidak hanya itu, asuransi kesehatan terbaik Indonesia pun menjadi salah satu jaring pengaman ketika pandemik tersebut datang.

Sampai awal Mei 2020 ini, jumlah korban yang terjangkit Covid-19 di Indonesia cukup banyak, kurang lebih sudah 11 ribu orang yang positif terjangkit, dengan jumlah korban sembuh mencapai  1.876 orang, dan korban meninggal 845 orang. Angka yang sangat besar ini terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah tipe virus yang sampai saat ini tidak diketahui bagaimana pastinya.

Bahkan, beberapa berita mengatakan bahwa virus ini sudah mulai berkembang biak, menciptakan DNA virus yang lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk menyembuhkannya.

Asal muasal virus Covid-19 ini disebut berasal dari daratan Cina, dimana salah satu kotanya, Wuhan, memiliki pasar hewan liar yang cukup besar. Pasar hewan Wuhan disebut-sebut sebagai lokasi pertama dari penyebaran virus yang sudah menjangkiti kurang lebih 3.45 juta orang di seluruh dunia.

Sudah dijelaskan di atas bahwa Covid-19 dan SARS memiliki beberapa persamaan. Selain sama-sama berasal dari Cina, kedua virus ini juga sama-sama memiliki gejala dari sisi pernafasan. Berikut adalah ciri-ciri utama gejala dari Covid-19

  1. Nafas Pendek: Jika anda terasa sesak atau sakit di bagian dada padahal tidak memiliki riwayat batuk beberapa minggu terakhir, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Nafas pendek menjadi salah satu ciri-ciri utama gejala Covid-19.
  2. Demam: Gejala ini menjadi kunci utama dari ciri-ciri gejala Covid19. Jika anda merasakan suhu tubuh meninggi di siang atau sore hari, segeralah ke rumah sakit terdekat.
  3. Batuk Kering: Kita biasa meraskaan batuk berdahak ketika sedang terkena flu, tetapi, batuk kering menjadi faktor yang patut dicurigai dalam penyebaran Covid-19 ini. Jika batuk yang anda rasakan ditambah dengan perasaan aneh pada dada, atau tulang dada anda terasa nyeri, kemungkinan besar hal tersebut adalah tanda utama dari Covid-19
  4. Tidak Bisa Mencium Bau: Benar. Kemampuan kita untuk mencium bau atau merasakan rasa tertentu akan berkurang, seperti mengecap rasa asam, dan lainnya.
READ  Cara Kerja Sistem Peredaran Darah Manusia Normal

Dengan penyebaran yang begitu cepat, anda akan sulit merasakan sedang terkena gejala penyakit tersebut. Sudah saatnya anda memiliki asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, dari Manulife Indonesia. Asuransi Manulife siap membantu anda dalam menghadapi pandemik ini, mulai dari pengobatan, perawatan, sampai pada skenario terburuk yaitu kematian.